Kamis, 17 Juni 2010

Visi, Misi, dan Tujuan Prodi Untuk Tahun 2011

Visi
Visi Program studi sejarah FKIP Unpatti adalah :
Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Unpatti menjelang tahun 2011 akan menjadi program studi yang unggul secara nasional dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi, bagi terbentuknya submber daya manusia yang berkualitas di bidang Sejarah kemaritiman memiliki fleksibilitas yang tinggi, semangat kebanggsaan dan kepribadian Nasional, demokratis, respontif, dan adiktif terhadap setiap perubahan.


Misi

Menyelenggarakan fungsi pembelajaran, penelitian, pengabdian masyarakat untuk menciptakan manusia cinta laut dan :

  1. Menyelenggarakan pendidikan agar tersedia proses pembelajaran untuk menciptakan guru sejarah yang memiliki kesadaran yang tinggi dan mampu menguasai ilmu sejarah dan pengetahuan umum secara luas serta program pembelajaran di sekolah.
  2. Menyelenggarakan proses pendidikan akademik yang profesional bagi masyarakat dengan berbagai fleksibilitas untuk membentuk SDM yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkeperibadian nasional, berwawasan kebangsaan, arif, demokratis, responsif terhadap setiap peluang dan perkembangan yang terjadi.
  3. Memberikan pengetahuan dan keterampilan agar memiliki kemampuan menyelenggarakan dengan mendorong kemauan, meningkatkan kemampuan untuk mengamalkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang di miliki bagi kepentingan masyarakat, baik dibidang pendidikan, pengajaran maupun dibidang sosial lainnya.
  4. Memiliki peluang dan kemampuan untuk bekerja pada jenjang yang berbeda di luar bidang pendidikan/keguruan.


Tujuan :

Tujuan Program Studi Pendidikan Sejarah menghasilkan sarjana dan calon guru sejarah yang kritis, apresiatif, arif, bermoral, berjiwa pengabdian, memiliki kemandirian dan mengembangkan rasa persatuan, semangat cinta tanah air yang memiliki kemampuan untuk :

  1. Menguasai ilmu sejarah dan terampil dalam melaksanakan proses pembelajaran secara kreatif, inovatif pada anak didik baik di tingkat SLTP dan SLTA.
  2. Melaksanakan penelitian sosial di bidang sejarah sesuai dengan perkembangan IPTEK untuk kepentingan pembelajaran, pembangunan dan pengembangan ilmu baik mandiri atau kelompok secara etis dan bertanggung jawab.
  3. Menguasai materi dan ilmu sejarah secara mendalam, memiliki wawasan yang luas, untuk dapat bekerja diluar bidang keguruan.
  4. Mengantisipasi perubahan sosial sebagai akibat dari globalisasi.
  5. Mempersiapkan dan membina tenaga akademik untuk LPTK sesuai keinginan.


Profil

Pendidikan pada program studi pendidikan sejarah diarahkan untuk menghasilkan lulusan dengan profil sebagai berikut :

1. Guru Sejarah dan Guru Antropologi yang profesional

2. Peneliti Sejarah

3. Budayawan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar